Gubernur Sulsel Mengikuti Webinar Internasional dengan Tema Ketajaman Mata Pena Syekh Yusuf Al-Makassary

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengikuti webinar internasional virtual dengan tema Ketajaman Mata Pena Syekh Yusuf Al-Makassary, Kamis (20/8).

Webinar yang diikuti Gubernur Sulsel di Jakarta di buka lansung oleh Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 sekaligus Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Bapak DR. (HC). Drs. H. Muh. Jusuf Kalla (JK). 

JK sapaan akrabnya mengatakan melalui Webinar ini mari bersama-sama mengembalikan semangat juang Syekh Yusuf yang merupakan ulama sekaligus panglima perang dua negara.  

"Syekh Yusuf adalah ulama sekaligus panglima perang dua negara.Melalui Webinar ini kita ingin mengembalikan semangat berjuang beliau, meskipun kita sekarang ini dilanda musibah.  

Ia menyebutkan ada dua negara yang sangat berterima kasih kepada Syekh Yusuf yakni Indonesia dan Afrika Selatan. 

"Ada dua negara yang sangat berterima kasih kepada Syekh Yusuf yakni Indonesia dan Afrika Selatan. Di Indonesia sendiri, hampir semua daerah mengucapkan terimakasih pula atas perjuangan dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia,"sebutnya.  

"Pak Gubernur Sulsel, Pak Bupati Gowa, dengan hormat saya membuka acara ini dengan harapan kita bisa kembalikan semangat berdakwah kita semua," tutupnya.  

Sementara itu Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, Prof. Dr. H. Din Syamsuddin,mengatakan Syekh Yusuf selalu menyebarkan agama dimanapun beliau mendarat. 

"Dimanapun beliau mendarat, selalu mengajarkan dan berdakwah termasuk dipulau sumbawa dan ternate. Beliau selalu memberikan manfaat bagi daerah dimana beliau berada. Dan cukup banyak ulama dari Gowa, Makassar yang melakukan ekspansi ke Kesultanan Sumbawa dan Bima," tutupnya.(p/ab)